Tips Merakit Sepeda MTB Yang Murah Tapi Berkualitas

Posted on

Tips Merakit Sepeda MTB Yang Murah Tapi Berkualitas. Halo sobat goweser, salam jumpa lagi di gowespedia.com. Tentunya para goweser sekalian sudah tidak asing dengan istilah sepeda rakitan. Yah memang merakit sepeda itu dapat memberikan kepuasan tersendiri terlebih jika hasilnya memuaskan.

Bagi yang sudah berpengalaman dalam dunia bersepeda, tentunya sudah mengetahui tips dan triknya saat merakit sepeda. Oleh karena itu, tidak heran jika mereka dapat merakit sepeda dengan kualitas bagus namun dengan budget minimal. Nah, hal inilah yang seringkali menjadi kendala bagi para goweser baru yang ingin merakit sepeda. Oleh karena itu, pada artikel kali ini, gowespedia akan share mengenai tips – tips untuk merakit sepeda MTB.

Tips Merakit Sepeda MTB Murah

Tentukan Konsep Sepeda MTB yang Akan Dirakit

tips merakit sepeda mtb
babahbikes.com

Tips yang pertama adalah, kita harus menentukan sepeda MTB yang seperti apa yang akan kita rakit. Misalnya, kita menginginkan sepeda MTB yang dapat digunakan untuk melibas trek berbatu dan terjal. Maka, kita dapat memilih rangka atau frame sepeda yang memiliki suspensi belakang atau full suspension. Dengan adanya suspensi belakang ini, getaran yang ditimbulkan dapat diredam dengan baik.

baca juga : Jenis – jenis sepeda MTB

Tentukan Budget Untuk Merakit Sepeda MTB

Hal ini penting agar pengeluaran tidak semakin membengkak. Seperti yang kita ketahui bahwa harga sepeda beserta komponennya memiliki rentang harga yang sangat luas. Mulai dari harga ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah.

Oleh karena itu, kita harus menentukan berapa dana yang akan kita alokasikan untuk merakit sepeda MTB ini. Alokasikan dana total yang akan digunakan untuk merakit sepeda MTB, kemudian bagilah budget untuk tiap komponen. Misalnya, dana total yang tersedia adalah 5 juta rupiah. Maka kita dapat membagi menjadi : 1,5 juta untuk frame (termasuk handle bar, stem, sadel dan seatpost), 1 juta untuk wheelset, 2 juta untuk driveterrain / groupset, 500 ribu rupiah untuk suspensi depan.

Dengan adanya pembagian ini, kita dapat menentukan kira – kira part merk dan jenis apa yang masuk dalam budget. Jadi, dapat mengurangi resiko kita untuk nombok dan diomelin Ibu Negara, hehehe.

baca juga : Inilah Nama Bagian – Bagian Sepeda Kita

Tidak Harus Baru

tips merakit sepeda mtb murah
Alivio salah satu pilihan ekonomis tapi bagus untuk groupset mtb

Sepeda baru tentunya identik dengan barang baru pada setiap komponennya. Namun, dalam merakit sepeda MTB, kita jangan terpaku pada komponen baru. Jika kita rajin berburu baik di marketplace online atau bengkel – bengkel sepeda, kita dapat menemukan part copotan sepeda baru. Nah, part seperti inilah yang dapat kita jadikan pilihan untuk merakit sepeda kita.

Mengapa? Alasannya adalah, secara kondisi barang, biasanya part ini 90% lebih dalam kondisi yang baik bahkan ada yang belum pernah digunakan sama sekali. Jadi pemilik membeli sepeda fullbike, kemudian langsungsung diupgrade begitu keluar dari toko. Dari segi harga, part seperti ini juga sudah turun cukup drastis, terlebih jika kita dapat langsung berhubungan dengan si empunya barang.

Dapat dikatakan jika part copotan sepeda baru ini ibarat kita membeli part baru dengan harga part bekas. Lumayan kan, sisa budgetnya bisa dialokasikan untuk menambah budget part lainnya.

Selain itu, kita juga dapat mencampur groupset dari beberapa seri. Misalnya, kita dapat menggunakan shifter Shimano Alivio, FD Acera, RD Deore, dan seterusnya. Hal ini lazim dilakukan oleh goweser (bahkan pabrikan sepeda pun melakukannya) untuk meminimalisasi budget. Namun demikian, kita harus mengetahui kompatibilitas part- part tersebut. Tidak semua part bisa dipadukan, misalnya shifter 8 speed tidak dapat dipadukan dengan RD 10 speed.

baca juga : Mengenal Kelas Groupset MTB Shimano

Pilih Part Sepeda MTB yang Original

Part original ini tentunya akan menentukan kenyamanan dan kekuatan sepeda kita. Biasanya, part sepeda yang paling banyak dipalsu / dibuat tiruannya adalah rangka atau frame. Terlebih lagi frame – frame merk luar negeri seperti Da Bomb, Trek, dan sebagainya. Frame – frame tiruan ini biasanya dijual jauh dibawah harga frame originalnya. Hal ini yang sering menipu terutama goweswer baru yang masih awam dalam persepedaan.

Jika menurut pendapat saya, daripada menggunakan frame abal – abal, lebih baik menggunakan frame buatan lokal. Kita sudah memiliki produsen sepeda lokal dengan kualitas internasional kok. Sebut saja Polygon, United, dan juga Wim Cycle. Ketiganya sudah memiliki kualitas yang bagus namun harganya cukup terjangkau.

baca juga : Merk Sepeda MTB ini Asli Indonesia Loh

Bandingkan Harga

Saat ini, untuk mengetahui harga part sepeda sudah sangat gampang. Kita dapat browsing di internet untuk mengetahui harga pasaran part – part ini. Nah, dalam merakit sepeda MTB, kita harus memanfaatkan hal ini. Kita dapat membandingkan harga – harga part – part sepeda dan mengambil yang termurah. Dengan demikian, kita dapat menghemat pengeluaran untuk part sepeda MTB yang akan kita rakit.

Diskusikan Dengan Ahlinya

Mungkin bagi pesepeda baru sering mengalami kebingungan menentukan part mana yang harus dipilih. Oleh karena itu, kita dapat berdiskusi dengan teman atau bengkel sepeda mengenai hal ini. Kita bisa meminta saran dari yang lebih ahli jika mengalami kebingungan dalam menentukan pilihan.

Tidak ada teman / bengkel? Jangan khawatir, ada ribuan artikel / video di internet yang membahas mengenai part sepeda. Kita dapat belajar dari artikel atau video tersebut.

Nah, itulah Tips Merakit Sepeda MTB Yang Murah Tapi Berkualitas. Semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung ke gowespedia.com, salam gowes.

3 thoughts on “Tips Merakit Sepeda MTB Yang Murah Tapi Berkualitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *