folding bike
Pada saat posisi terlipat, seli bisa menjadi sangat ringkas. gambar : https://www.brompton.com

Sepeda Lipat, Solusi Tepat Untuk Bike To Work

Posted on

Sepeda Lipat, Solusi Tepat Untuk Bike To Work. Bagi para goweser, tentunya mendambakan bisa gowes kapan saja dan dimana saja. Tidak terkecuali saat bekerja. Tentunya banyak yang ingin bisa berangkat dan pulang bekerja dengan bersepeda. Istilah kerennya Bike To Work. Dengan bersepeda kita dapat mendapatkan beberapa keuntungan sekaligus. Kita dapat menyalurkan hobi, tubuh menjadi sehat, mendukung gerakan go green dan yang tidak kalah penting adalah menghemat pengeluaran, hehehee.

sepeda lipat dahon
Dahon, salah satu produsen sepeda lipat ternama di dunia, gambar : https://dahon.com/

baca juga : 10 tips menaklukkan tanjakan dengan sepeda

Sepeda Lipat Untuk Bike to Work

Namun demikian terkadang kegiatan Bike to Work ini susah untuk diaplikasikan. Salah satu penyebabnya antara lain karena masalah ukuran sepeda. Sepeda cukup riskan jika diparkir sembarangan. Selain karena gampang diangkat, alat pengamanannya pun relatif mudah dibobol. Terlebih jika diparkirkan di tempat yang kurang pengawasannya.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, sepeda lipat bisa jadi solusinya. Sepeda lipat atau folding bike ini pada umumnya cukup ringkas pada posisi dilipat. Pada saat terlipat, tentunya sepeda menjadi lebih ringkas dan mudah untuk dibawa. Oleh karena itu, anda dapat membawa sepeda anda ke dalam ruang kerja dan menaruhnya di kolong meja, loker atau di tempat lainnya yang memungkinkan dan aman. Jadi, anda tidak perlu khawatir akan keamanan sepeda anda. Bahkan untuk tipe – tipe tertentu, pada saat terlipat, ukurannya hanya sebesar koper pakaian.

folding bike
Pada saat posisi terlipat, seli bisa menjadi sangat ringkas. gambar : https://www.brompton.com

Folding Bike Mudah Dibawa Naik Angkutan Umum

Selain itu, untuk kegiatan bike to work yang cukup jauh (misal : Bogor – Jakarta), hampir tidak mungkin bike to work full. Bisa- bisa kita telat terus saat sampai kantor, selain itu pasti juga sudah capek sebelum bekerja hehehe. Untuk menyiasatinya, kita dapat menggunakan kendaraan umum seperti KRL atau bus.

Nah, pada kasus seperti ini folding bike juga mempermudah anda saat menggunakan kendaraan umum. Pada sepeda biasa, hampir tidak mungkin untuk membawa sepeda anda naik kendaraan umum. Ya selain memakan tempat yang besar, juga dapat mengganggu kenyamanan penumpang lain. Memang pada moda transportasi tertentu mengijinkan penumpang untuk menaikkan sepeda. Akan tetapi biasanya diijinkan dinaikkan jika dalam keadaan ringkas/ tidak utuh. Tentunya untuk sepeda biasa akan cukup repot saat bongkar – pasang. Nah, dengan folding bike, hal ini dapat diatasi dengan mudah. Ya karena memang sepeda lipat memang didesain untuk dapat dilipat dengan posisi yang ringkas.

Folding bike ini pada umumnya memiliki ukuran roda yang kecil. Yang sering dan mudah kita jumpai saat ini adalah sepeda lipat dengan ukuran roda 16 dan 20 inch. Tentunya ukuran roda yang kecil ini bertujuan agar sepeda menjadi lebih ringkas saat posisi dilipat.

baca jua : 5 tips membeli sepeda second / bekas

Seli Juga Bisa Kenceng Lho

Wah, rodanya kecil, capek dong?! Eits jangan khawatir, folding bike sudah didesain sedemikian rupa untuk mengatasi masalah ini. Biasanya sepeda lipat dibekali dengan chainring (gear depan) yang besar seperti pada road bike (52T atau lebih). Dengan chainring besar tersebut, diameter roda kecil dapat terkompensasi. Saya pernah gowes bersama dengan teman – teman. Saat itu saya menggunakan sepeda lipat dengan ban 20 inch dan temen – temen lainnya rata- rata menggunakan MTB (ukuran roda 26 / 27,5 inch). Dan alhamdulillah saya tidak keteteran, hehehe.

seli balap
Salah satu jenis sepeda lipat yang disesain untuk kecepatan tinggi, gambar : https://www.ternbicycles.com

baca juga : Sepeda Lipat United Trifold, Brompton Wannabe

Anda juga dapat browsing video mengenai kecepatan seli. Menurut saya sudah cukup cepat, ya tergantung pengendaranya juga sih hehehe. Bahkan anda juga dapat melihat video tentang balapan antar seli juga. Tapi untuk commuting atau bike to work sih sudah cukup mumpuni.

Nah, itulah sekilas tentang sepeda lipat yang dapat menjadi solusi bagi anda yang ingin bike to work. Dengan sepeda lipat, masalah ukuran sepeda yang tidak praktis dapat teratasi dan bike to work anda dapat terealisasi. Salam sehat, salam gowes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *