sepeda lipat
Sepeda lipat Brompton (https://www.brompton.com/)

Sepeda Lipat Brompton Yang Sedang Hits

Posted on

Brompton, sepeda lipat yang sedang hits. Bagi para penggemar sepeda lipat, tentu sudah tidak asing dengan merk Brompton. Ya, saat ini merk sepeda ini banyak menjadi incaran para pesepeda lipat. Pasalnya, sepeda ini termasuk salah satu folding bike yang sangat ringkas pada posisi terlipat. Hal ini memberikan keuntungan bagi para commuter yang membutuhkan sepeda yang ringkas namun fungsional. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai salah satu pelopor sepeda lipat ini. Berikut artikel singkatnya dari Gowesedia.

sepeda lipat
Sepeda lipat Brompton (https://www.brompton.com/)

Sejarah Brompton

Brompton didirikan pada tahun 1975 oleh Andrew Ritchie, seorang tukang kebun di London. Nama Brompton sendiri diambil dari nama sebuah gereja yaitu Brompton Oratory. Gereja ini terlihat dari kamar Andrew Ritchie dimana dia membuat prototipe pertama sepeda lipat buatannya. Kemudian Andrew terinspirasi untuk memberi nama sepeda buatannya dengan nama Brompton.

Andrew Ritchie kemudian mulai memproduksi sepeda lipat hasil desainnya. Pada tahun 1982, produksi sempat dihentikan dan kemudian kembai dilakukan pada tahun 1986. Nah, pada tahun 1986 inilah Brompton mulai diproduksi dengan skala yang lebih besar.

Pada tahun 2002, William David Butler-Adams bergabung dengan Brompton. Dari tahun 2002 hingga 2013, Brompton sukses menggenjot produksi sepeda lipatnya dengan angka yang fantastis. Pada tahun 2002, rata – rata produksi per tahunnya adalah 6.000 unit sepeda. Sedangkan pada tahun 2013, rata- rata produksi melonjak hingga 40.000 unit sepeda per tahun.

Baca juga : Sepeda Lipat United Trifold, Brompton Wannabe

Desain Sepeda Lipat Brompton

Tentu sebagian kita sudah tahu bentuk khas dari sepeda lipat buatan Brompton. Sepeda buatan Brompton memiliki desain frame yang sama pada semua serinya. Pada dasarnya, semua frame  sepeda Brompton dibuat dari bahan besi. Namun, pada beberapa tipe, Brompton memadukan bahan yang ringan seperti titanium pada beberapa bagian frame nya. Selain itu, terdapat juga variasi suku cadang seperti drive terrain, dan sebagainya.

Setiap frame sepeda Brompton memiliki tiga bagian dimana bagian – bagian tersebut dihubungkan dengan engsel yang membuatnya dapat dilipat. Bagian pertama adalah bagian depan yang meliputi bagian kemudi (fork, stem, handle bar, head tube). Yang kedua adalah bagian tengah yang terdiri dari top tube, seat tube dan bottom bracket. Sedangkan bagian ketiga merupakan segitiga yang terdiri dari seat stay dan chain stay. Dengan desain yang seperti ini, sepeda Brompton dapat menjadi sangat ringkas saat posisi terlipat.

Sepeda Brompton dibuat secara hand-made. Oleh karena itu tidak heran jika harganya cukup mahal. Di luar negeri skill sangat dihargai. Teknik penyambungan antar bagian frame juga cukup berbeda. Biasanya, pabrikan sepeda menggunakan teknik pengelasan untuk menyambung tiap bagian. Brompton menggunakan Teknik yang berbeda dalam hal ini. Mereka menggunakan teknik patri untuk pembuatan frame sepeda mereka.

Desain frame tersebut didukung dengan penggunaan ban yang berukuran 16 inch. Hal ini membuat sepeda lipat Brompton semakin ringkas serta gampang dibawa ke dalam kendaraan umum.

baca juga : Sepeda Lipat, Solusi Tepat Untuk Bike To Work

Varian Folding Bike Brompton

Secara desain, dapat dikatakan semua sepeda buatan Brompton memiliki desain yang sama. Namun, secara material dan spesifikasi komponen ada perbedaan antar varian. Saat ini ada 3 varian pada lini produksi sepeda lipat Brompton secara umum.

Yang pertama adalah Brompton regular. Yaitu sepeda Brompton yang basic, dimana frame dibuat dari bahan besi. Pada seri ini, Brompton memberikian opsi gearing yang berbeda, mulai dari single speed hingga 6 speed (hingga saat artikel ini dibuat). Tentunya perbedaan jumlah speed pada drive terrain ini juga akan berdampak pada harga jualnya.

sepeda lipat brompton
Salah satu seri regular sepeda Brompton, dimana frame terbuat dari besi (https://www.brompton.com/)

Kemudian ada seri Brompton Superlight. Sesuai dengan Namanya, pada seri ini, Brompton menggunakan bahan untuk membuat frame yang ringan tapi kuat. Titanium dipilih untuk menggantikan besi pada fork dan segitiga belakang (seat stay, chain stay). Seperti kita ketahui, titanium merupakan salah satu logam yang kuat namun relatif ringan. Paduan ini didukung dengan penggunaan komponen lain yang juga memiliki bobot yang lebih ringan. Dengan perpaduan ini, seri Superlight ini dapat memiliki bobot lebih ringan hingga 1 kilogram dibandingkan seri regular.

sepeda lipat brompton superlight
Seri Brompton Superlight memiliki bobot yang lebih ringan hingga 1 Kg jika dibandingkan dengan seri full besi (https://www.brompton.com/)

Yang terakhir dan yang menarik adalah seri Brompton Electric. Sepeda ini sangat cocok bagi yang ingin bike to work namun tidak mau berkeringat. Ya, pada seri ini, Brompton mamasangkan sebuah motor pada roda depan. Motor ini berfungsi untuk membantu pengendara saat mengayuh sepeda. Oleh karena itu, kayuhan sepeda manjadi lebih ringan dan kita tidak terlalu berkeringat.

sepeda listrik brompton
Sepeda elektrik Brompton menawarkan kemudahan bagi yang “tidak mau berkeringat” tapi ingin mendukung kampanye go green (https://www.brompton.com/)

Kode Pada Sepeda Brompton

Sedangkan untuk spesifikasinya, Brompton memiliki kodefikasi tersendiri pada lini produk mereka. Berikut ini adalah table kodefikasi pada sepeda lipat Brompton.

HandlebarJumlah GigiFitur TambahanMaterial
Ssporty1Single speedEminimalis; tidak ada pelindung lumpur, tidak ada pompa-Xfork, segitiga belakang, dan beberapa suku cadang lain berbahan titanium
Mtradisional22 speedLada pelindung lumpur
Pketinggian ganda33 speed
Htegak66 speedRada pelindung lumpur dan rak belakang

Jadi jika kalian memiliki sepeda Brompton dengan seri S6L, artinya sepeda kalian memiliki spesifikasi. Handlebar tipe sporty, drive terrain 6 speed dan memiliki fender yang dilengkapi dengan mud guard atau pelindung lumpur.

seli brompton
Contoh sepeda Brompton dengan kode S6L (https://www.brompton.com/)

baca juga : Mengenal Fixed Gear Bicycle atau Sepeda Fixie

Nah, itulah sekilas mengenai Sepeda Lipat Brompton yang saat ini menjadi primadona bagi penggemar folding bike. Memiliki sepeda Brompton saat ini merupakan prestise tersendiri. Nah, apakah anda juga merupakan penggemar Brompton?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *