sepeda fixie
unitedbike.com

Mengenal Fixed Gear Bicycle atau Sepeda Fixie

Posted on

Mengenal Fixed Gear Bicycle atau Sepeda Fixie (gowespedia.com). Olah raga bersepeda kembali marak dalam beberapa waktu terakhir. Maraknya kegiatan bersebeda ini juga membuat variasi jenis sepeda menjadi semakin banyak. Ya, sebenarnya variasinya sih tidak nambah, tapi jenis sepeda yang dulunya kurang populer, saat ini menjadi populer.

Salah satu jenis sepeda yang sempat booming beberapa waktu yang lalu adalah sepeda fixie. Apa itu, sepeda fixie? Apa bedanya dengan sepeda biasa? Berikut pembahasan dari gowespedia.

Apa Itu Sepeda Fixie ?

sepeda fixie
Sepeda fixed gear. unitedbike.com

Sepeda fixie juga dikenal dengan istilah Fixed Gear Bicycle. Nama Fixed Gear Bicycle ini diambil dari sistem gearing yang digunakan pada sepeda jenis ini.

Dulu, sepeda jenis ini juga sempat booming di Indonesia. Pada beberapa daerah, sepeda ini juga sering disebut dengan sepeda goltrap , doltrap yang asalnya merupakan Bahasa Belanda “doortrapper” yang dalam Bahasa Inggris disinonimkan dengan Fixed Gear.

Pada sepeda fixed gear ini tidak dilengkapi dengan mekanisme freewheel pada gear / sprocket belakangnya. Freewheel sendiri merupakan mekanisme pada sepeda yang memungkinkan pengendara berhenti mengayuh pedal tanpa menghentikan putaran roda belakang / laju sepeda (dikenal dengan istilah coasting) ataupun bahkan mengayuh pedal ke arah belakang.

Dengan tidak adanya mekanisme freewheel ini membuat pengendara sepeda ini harus terus mengayuh jika tidak ingin sepedanya berhenti bergerak. Kalaupun ingin istirahat mengayuh, maka kaki harus “lepas” dari pedal.

baca juga : Inilah jenis- jenis sepeda balap / road bike dan fungsinya

Penggunaan Sepeda Fixie / Fixed Gear Bicycle

sepeda fixie fixed gear bicycle
Contoh sepeda fixed gear yang lazim dipergunakan pada balap sepeda track di velodrome

Pada mulanya, sepeda fixed gear hanya digunakan pada perlombaan balap sepeda. Cabang balap sepeda yang menggunakan sepeda fixie adalah balap sepeda track yang diadakan pada lintasan velodrome. Oleh karena itu, sepeda ini juga disebut dengan istilah sepeda track. Dan biasanya produsen sepeda membuat seri ini untuk profesional.

Digunakannya sepeda fixed gear ini dikarenakan pada balapan di velodrome tidak menempuh jarak yang jauh serta membutuhkan kecepatan yang stabil. Dengan sepeda fixie ini pembalap dapat menjaga kecepatannya karena “dipaksa” untuk tidak berhenti mengayuh.

Selain pada cabang balap sepeda track, sepeda fixed gear bicycle juga seringkali digunakan pembalap untuk berlatih. Dengan menggunakan sepeda fixie ini, pembalap akan dilatih untuk menjaga irama pedalling (istilahnya : cadence) yang sangat berguna untuk menaklukkan tanjakan dan juga melibas jarak tempuh yang jauh.

Pada perkembangannya, sepeda fixie tidak hanya digunakan oleh atlet, namun juga oleh masyarakat.

baca juga : Yuk Kenali Bagian – Bagian Sepeda Kita

Sepeda Fixie / Doltrap vs Torpedo

Seringkali saya mendengar teman – teman saya mengatakan “ sepeda fixie dengan torpedo”. Padahal jika dirunut dari pengertiannya, sepeda fixie tidak mungkin menggunakan mekanisme torpedo. Mengapa? Pada sepeda dengan torpedo, pengendara masih dapat melakukan coasting tanpa menghentikan putaran roda. Sedangkan seperti yang sudah ditulis diatas, hal ini tidak mungkin dilakukan pada sepeda fixie.

 

 

harga sepeda fixie
Hub belakang sepeda fixed gear (8bar-bikes.com)
sepeda fixie torpedo
Sepeda dengan rem torpedo (bike.bikegremlin.com)

Hal yang mirip mungkin adalah, jika saat melaju dan pengendara melakukan pedalling ke arah belakang, sepeda akan berhenti. Namun, perlu diketahui bahwa penyebab berhentinya sepeda berbeda. Pada sepeda fixie, sepeda berhenti karena putaran roda tertahan oleh gearset yang tidak bergerak sehingga roda belakang terkunci. Sedangkan pada torpedo, pedalling ke arah belakang akan mengaktifkan mekanisme rem yang berada di dalam hub belakang.

Selain itu, pada sepeda fixie pedalling ke arah belakang akan membuat sepeda bergerak mundur. Namun pada torpedo, sepeda tidak akan bergerak.

baca juga : Inilah 5 Sepeda MTB Termahal Buatan Polygon Indonesia 2018

Salah Kaprah Pada Istilah Sepeda Fixie

Saat sepeda fixie booming, banyak yang salah paham dengan jenis sepeda ini. Pada umumnya sepeda jenis ini dicirikan dengan ban ukuran kecil (biasanya 700 x 23c), tanpa pindahan gigi (single speed) dan memiliki warna yang ngejreng. Jadi begitu melihat sepeda dengan ciri – ciri tersebut akan menganggap sepeda tersebut adalah sepeda fixie.

Padahal banyak sepeda dengan ciri – ciri tersebut namun menggunakan freewheel pada gear belakang. Kalau tidak ya menggunakan torpedo (coaster brake) seperti yang sudah ditulis di atas.

Plus Minus Sepeda Fixed Gear

Setiap jenis sepeda tentunya punya plus dan minus. Begitu juga dengan Fixed Gear Bicycle ini. Adapun keuntungan dan kerugiannya menurut pendapat saya adalah :

Kelebihan

  • Simpel karena tidak perlu menggunakan mekanisme shifting yang ribet;
  • Harga relatif lebih terjangkau dibandingkan sepeda non – fixie. (harap membandingkan apple to apple, jangan membandingkan harga “sepeda fiksi” carbon dengan mtb hi-ten);
  • Bobotnya ringan, dengan jumlah gearing yang sedikit dapat mengurangi bobot sepeda;
  • Perawatan lebih mudah karena tidak ada mekanisme yang kompleks (bahkan beberapa sepeda fixed gear tidak mengggunakan perangkat rem);
  • Dapat menambah kemampuan pedalling pengendara, terutama candence – nya.

Kekurangan

  • Tidak bisa “pindah gigi” sehingga butuh usaha lebih keras untuk menyesuaikan kontur jalan, terutama tanjakan;
  • Susah ngerem. Untuk dapat melakukan pengereman dengan roda belakang pada sepeda fixie diperlukan latihan khusus. Jika tidak, hampir bisa dipastikan akan terjadi kecelakaan, apalagi pada jalanan menurun;
  • Ban belakang boros. Pengendara sepeda jenis ini biasanya melakukan teknik “skidding” untuk melakukan pengereman dengan roda belakang. Teknik ini dilakukan dengan menahan pedal dengan irama tertentu yang mengakibatkan roda belakang akan berhenti dan bergesekan dengan aspal. Hal ini mengakibatkan ban belakang cepat habis karena terkikis oleh aspal;
  • Boros tenaga, terlebih jika digunakan untuk bersepeda dengan jarak jauh.

Nah, itulah sekilas mengenai sepeda fixie atau fixed gear bicycle. Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung ke gowespedia.com. Salam sehat, salam gowes.

3 thoughts on “Mengenal Fixed Gear Bicycle atau Sepeda Fixie

  1. Kalau menurut saya sih, sepeda buat pemula atau mahir itu sama aja, saya lebih condong ke masalah budget om, hehehe, kalau boleh tau budget kisaran berapa om?
    Saran saya sih mending nyari yang pabrikan aja om kalau g mau ribet,
    Ukuran bergantung sama beberapa variabel, tinggi badan, gaya bersepeda, sama pabrikan framenya om, kalau saya kebetulan tb sekitar 170cm an, biasa pake frame ukuran 50 s.d. 52 om
    CMIIW

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *