Inilah Merek Sepeda Gunung Asli Indonesia yang Berkualitas

Posted on

Inilah Merek Sepeda Gunung Asli Indonesia yang Berkualitas. Berbicara mengenai kualitas barang, biasanya kita akan merujuk pada negara luar yang diidentikkan dengan kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan buatan dalam negeri. Begitupula dengan sepeda gunung atau MTB. Banyak yang menganggap bahwa sepeda gunung lokal atau Made In Indonesia kualitasnya kurang bagus.

Eits, jangan salah, Indonesia juga memiliki produsen – produsen sepeda yang berkualitas. Bahkan beberapa merek sepeda gunung sudah dipasarkan ke luar negeri. Tentunya pasar luar negeri seperti Eropa dan Amerika tidak akan dapat ditembus jika kualitas sepedanya tidak bagus. Nah, berikut ini beberapa merek sepeda gunung asli Indonesia yang berkualitas.

baca juga : Tips Menaklukkan Tanjakan Saat Bersepeda

Merek Sepeda Gunung Asli Indonesia yang Berkualitas

Sepeda Polygon

Merek Sepeda Gunung Asli Indonesia
Polygon Collosus, salah satu andalan sepeda gunung downhill Polygon. polygonbike.com

Tentunya merek sepeda gunung yang satu ini sudah tidak asing di telinga kita. Sepeda buatan Polygon ini sudah banyak malang melintang di sekitar kita.

Namun, banyak yang belum tau jika Polygon ini merupakan merek sepeda asli buatan Indonesia. Banyak yang menyangka jika merek sepeda ini merupakan buatan luar negeri. Ya memang dari namanya, merk ini sepintas seperti merek luar negeri.

Polygon ini merupakan asli produk Indonesia. Pabriknya berada di Sidoarjo, Jawa Timur dengan nama PT Insera Sena. Perusahaan ini berdiri dari tahun 1989 dan telah membuat berbagai jenis sepeda hingga saat ini.

Pada lini produksi sepeda gunung, Polygon sudah dikenal memiliki produk yang berkualitas. Sebut saja Collosus yang digunakan oleh para atlet timnas Downhill Indonesia di berbagai kejuaraan. Tentunya jika merek sepeda gunung ini kualitasnya tidak bagus, mustahil digunakan oleh profesional.

Selain itu, seri Cozmic dan Xtrada juga banyak dijumpai di kalangan MTB-ers di Indonesia.

baca juga : Tips Membeli Sepeda Bekas

Sepeda United Bike

sepeda gunung dominate
Dominate, salah satu sepeda gunung buatan United yang laris di pasaran. unitedbike.com

Merek sepeda gunung asli Indonesia berikutnya adalah United Bike. Sepeda merk United ini diproduksi oleh PT. Terang Dunia Internusa. Perusahaan ini sudah berkecimpung di kancah persepedaan hampir 50 tahun. Jadi pengalaman dalam dunia sepeda sudah tidak diragukan lagi. Merk United mulai dibuat pada tahun 1991.

Sepeda gunung buatan United dikenal memiliki kualitas yang bagus dikalangan pesepeda. Salah satunya adalah seri Patrol. Patrol merupakan merek sepeda gunung dari Amerika Serikat yang memang memiliki spesialisasi di MTB. United memproduksi seri Patrol dengan lisensi dari Patrol Amerika. Jadi otomatis kualitasnya juga mengikuti standar Patrol Amerika yang tentunya sudah tidak diragukan lagi.

Selain Patrol, seri Dominate juga dikenal dengan sebutan frame badak di kalangan goweser. Harganya yang terjangkau namun memiliki ketahanan yang sangat baik merupakan salah satu keunggulan United Dominate ini.

baca juga : Mengenal Bagian – Bagian Sepeda

Wimcycle

sepeda mtb
Thrill Ravage, salah satu sepeda berkualitas tinggi buatan Wimcycle. thrillbicycle.com

Bagi teman – teman goweser yang mengalami masa keci di tahun 90 an, tentunya tau dengan merk ini. Dulu, iklan sepeda ini banyak diiingat anak – anak karena slogannya “Wimcycle heeboohh”.

Wimcycle merupakan merek sepeda gunung asli Indonesia yang produksinya berada di Surabaya. Merk Wimcycle merupakan produksi dari PT Wijaya Indonesia Makmur Bicycles Industries. Perusahaan ini berdiri mulai dari tahun 1976. Tentunya pengalaman yang begitu lama membuat produk – produk Wimcycle memiliki kualitas yang bagus.

Awalnya, Wimcycle memang banyak dikenal dengan produk sepeda BMX nya. Namun, saat ini Wimcycle juga memproduksi sepeda gunung yang berkualitas.

Pada lini sepeda gunung, Wimcycle meluncurkan 2 seri andalannya. Kedua seri tersebut adalah seri Adrenaline Agent dan juga seri Thrill Agent.

Produk – produk Wimcycle sudah sukses menembus pasar mancanegara. Tidak kurang dari 20 negara telah menjadi pasar dari sepeda Wimcycle. Tentunya dengan demikian, kualitas produk dari sepeda Wimcycle ini sudah diakui dunia internasional.

baca juga : Mengenal Groupset MTB Shimano

Babah Bikes

sepeda gunung babah bikes
Brandal, salah satu produk terbaru dari Babah Bikes. babahbikes.com

Berbeda dari 3 merek sepeda gunung sebelumnya, Babah Bikes bukan merupakan pabrik sepeda. Babah Bikes merupakan pembuat sepeda custom. Jadi, pembeli dapat berdiskusi untuk membuat sepeda sesuai dengan kebutuhan serta keinginan customer. Tentunya dengan demikian sepeda akan pas dengan customer.

Babah Bikes merupakan pembuat frame sepeda yang memiliki workshop di Kota Malang. Mereka merupakan  spesialis dalam pembuatan frame / rangka sepeda handmade  dengan bahan baku chromoly.

Produk frame sepeda buatan Babah Bikes ini sudah merambah hingga ke manca negara. Hal ini tentunya karena kualitas frame produksi Babah Bikes yang bagus. Tidak heran, karena dalam pembuatan frame, Babah Bikes hanya menggunakan bahan baku yang berkualitas. Mereka hanya menggunakan bahan baku pipa chromoly buatan Reynolds asal Inggris yang kualitasnya sudah diakui oleh dunia.

Oleh karena itu, kualitas frame sepeda buatan Babah Bikes juga sangat baik. Bahkan kualitasnya tidak kalah dengan merek sepeda gunung handmade lainnya.

baca juga : Mengapa Kita Harus Memakai Helm Sepeda?

Sepeda Pacific Bike

 

sepeda mtb pacific
Sepeda Pacific Avenger yang digunakan timnas balap sepeda MTB Indonesia pada ASEAN Games 2018 silam, gambar :braderian.co

Pacific Bike merupakan merk sepeda lokal dibawah naungan PT Roda Pasifik Mandiri (RPM). Unit produksi mereka berada di kawasan Semarang, Jawa Tengah. Tepatnya, lini produksi Pacific Bike berada di Kawasan Industri Terboyo. Merk lain yang juga saudara dari Pacific Bike antara lain, Exotic, Turanza, dan Aviator.

Merk Pacific sendiri sudah muncuk pada tahun 1995. Namun, untuk fasilitas perakitan baru dimiliki pada tahun 2009 silam. Pada awalnya, produk dari Pacific Bike hanya sebatas city bike, atau sepeda midi.

Merk sepeda Pacific Bike merupakan salah satu pemain baru dalam dunia sepeda gunung kelas menengah ke atas. Ya, sebelumnya memang Pacific Bike hanya mengeluarkan sepeda gunung kelas menengah kebawah. Namun, pada tahun 2018 ini, Pacific Bike melebarkan lini produksinya dengan menyasar pangsa pasar menengah ke atas.

Salah satu bukti keseriusan Pacific Bike memproduksi MTB menengah ke atas dapat kita lihat pada gelaran ASEAN Games 2018 silam. Pacific bike menjadi sponsor utama timnas balap sepeda Indonesia kelas MTB.

Sepeda yang digunakan oleh para atlet MTB kita pada ajang tersebut adalah Pacific Avenger. Seri ini merupakan frame produksi Pacific pertama yang berbahan baku Carbon.

Secara tidak langsung, Pacific Bike ingin menyatakan bahwa mereka mempunyai produk sepeda gunung yang berkualitas. Kualitas produk mereka sudah layak digunakan untuk kalangan profesional/atlet. Selain itu, Pacific juga sudah memproduksi road bike carbon.

Baca juga : Pacific Primum, Roadbike Carbon Dengan Harga Terjangkau

Nah itulah beberapa merek sepeda gunung lokal atau buatan Indonesia yang berkualitas. Tentunya kita patut berbangga memiliki produsen – produsen sepeda yang diakui oleh dunia internasional.
Selain itu, semoga artikel ini membuat kita tidak minder menggunakan sepeda buatan dalam negeri. Karena orang luar negeri saja mengakui kualitas sepeda buatan anak bangsa, masak kita malah minder, hehehehe. Terima kasih telah berkunjung ke gowespedia.com, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Cintailah produk – produk Indonesia, salam sehat, salam gowes.

22 thoughts on “Inilah Merek Sepeda Gunung Asli Indonesia yang Berkualitas

    1. Setau saya Patrol itu merk luar negeri om, yang kemudian melakukan kerjasama untuk memproduksi framenya dengan produsen di Asia, salah satunya dengan United Bike yang ada di Indonesia,
      Sedangkan untuk Thrill, nanti ditambahkan om, soalnya Thrill awalnya merupakan salah satu seri dari Wim Cycle yang kemudian melakukan expansi dengan mendirikan anak perusahaan dengan merk Thrill dan juga Adrenaline Agent. Jadi pada mulanya Thrill, Adrenaline merupakan produk dari Wimcycle,
      CMIIW

      1. Sekarang Adrenaline bgmn ya nasibnya..? Padahan sepeda Doenhill nya bagus2 loh… tp keluaran 2020 tdk ada yaa..??

        1. Kyknya masih tetep jalan om, mungkin belum ada update produk aja om, ya semoga tetep jalan lah biar kualitas sepeda buatan lokal jadi lebih bagus lagi…

  1. Kalau aviator itu buatan mana? asli indonesia apa cina? soalnya saya lihat di harga market place sama harga offline toko sepda beda jauh??

    1. Kalau mengutip dari situs resmi pacific-bike.com :”Sejak tahun 1995, sepeda dengan merk PACIFIC telah berkiprah di perindustrian Indonesia, selama 15 Tahun terakhir telah menjadi salah satu produsen sepeda yang berkonsisten dalam kualitas dan model sepeda yang berinovasi. Oleh karena itu, dengan pesatnya permintaan pasar dan kualitas produk yang disukai maka pada tahun 2013 kami mendirikan PT. RODA PASIFIK MANDIRI di Semarang, Jawa Tengah Indonesia. Produksi perdana perusahaan adalah sepeda mini tipe Casella, yang memiliki desain yang unik, berkualitas, dan harga yang terjangkau. Produksi perdana ini mendapat sambutan yang luar biasa dari konsumen sepeda seluruh Indonesia, ditandai dengan meningkatnya permintaan produk yang sangat signifikan ke perusahaan.”
      Kalau saya tidak salah mengartikan, bahwa “Merk” sepeda Pacific adalah merk lokal, untuk barangnya bisa jadi mereka subkontrak ke perusahaan lain baik dalam ataupun luar negeri. CMIIW

    2. Iya ada benarnya unsur dari RRC, sejarah PT. Roda Pasifik Mandiri yang sejak 1995 kurang diketahui produk awalnya seperti apa. Kalau konsisten mereka akan memberi nama sepeda “Pasifik” (bhs Indo) bukan “Pacific”, hanya di 2010 ada info produksi BMX tp blm tau tipe nya seperti apa. Dan ternyata di 2013 seperti diakuisisi/ ada saham masuk oleh Tianjin Bright Wheel-Bicycle group – China dan memulai memberi nama sepeda dengan Pacific (Rebranding dri China), terlihat dari produk Pacific yang menyontek design brand lain..

  2. Element belum dimasukkan om. Element itu Merk asli Indonesia, dulunya mereka ambil barang dari Taiwan (salah satu dedengkot Produsen sepeda di Asia, sebut saja Giant, dan merk lainn). Tapi sekarang Element sudah ada Pabrik sendiri. Termasuk dapat lisensi sepeda lipat Dahon. Dengan ditambahkan “ION” dibelakangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *