Inilah jenis- jenis sepeda balap / road bike dan fungsinya

Posted on

Jenis- jenis sepeda balap / road bike. Selamat berjumpa lagi teman- teman goweser di gowespedia.com. Mudah – mudahan kesehatan, keberkahan, dan kebahagiaan senantiasa dilimpahkan oleh Yang Maha Kuasa kepada kita semua.

Bagi para goweser mungkin sudah tahu tentang sepeda balap atauroad bike. Namun, mungkin ada beberapa teman – teman goweser yang belum tahu jika sepeda balapa tau road bike memiliki jenis – jenis tertentu juga.

Pada kesempatan kali ini gowespedia.com akan membahas tentang macam- macam sepeda balap / road bike, jenis dan fungsinya.

Sepeda balap / road bike standart

Road bike / Sepeda balap standart ini merupakan sepeda roadbike yang lazim kita jumpai di sekitar kita. Dalam balapan road bike, sepeda ini banyak digunakan. Ciri dari sepeda ini adalah memiliki ukuran ban yang tipis. Biasanya, roadbike standar menggunakan ban dengan ukuran 700 x 23c sampai dengan 700 x 28c. Namun ban yang paling sering digunakan adalah ukuran 700 x23c dan 700 x 25c.

Karena ukurannya yang tipis, banyak yang salah mengira jika ban sepeda ini tidak menggunakan angin alias ban karet pejal. Padahal seperti sepeda yang lain, sepeda ini juga menggunakan ban yang berisikan angin. Namun, memang tekanan yang digunakan memang cukup tinggi, yaitu berkisar antara 80-110 Psi. sedangkan rata- rata tekanan pada sepeda gunung adalah 30-40 Psi.

Ciri selanjutnya yaitu, sepeda road bike standart menggunakan stir /stang / handle bar, tipe drop bar. Fungsi drop bar ini adalah agar pengendara bisa merubah posisi badannya sesuai dengan medan / kondisi yang dilalui. Perubahan ini dilakukan dengan melakukan variasi posisi pegangan.

Untuk jenis road bike, rentang harga sepeda ini paling lebar. Harga sepeda ini mulai ratusan ribu hingga yang harganya ratusan juta rupiah. Berikut ini contoh gambar sepeda road bike standart.

jenis road bike
Contoh jenis sepeda balap standar yang sering kita temui di jalan

baca juga : Mengenal fungsi dan nama part sepeda

Sepeda balap / road bike flat bar

Pada dasarnya road bike jenis flatbar adalah sepeda balap standar. Yang membedakan adalah drop bar digantikan dengan flat bar. Mengapa demikian? Hal ini dilakukan untuk mengakomodasi pesepeda yang biasa melalui rute berupa jalan aspal. Untuk penggunaan harian, dropbar memang membuat badan pengendara harus lebih membungkuk. Dengan digunakannya flatbar pada sepeda ini, posisi bersepeda menjadi seperti saat mengendarai sepeda gunung. Badan tidak terlalu membungkuk, sehingga cocok untuk penggunaan sehari – hari.

"<yoastmark

Sepeda balap / road bike time trial / triathlon

Jenis sepeda balap ini merupakan sepeda yang didesain khusus untuk kompetisi. Sepeda time trial dan tri atlhon didesain seaerodinamis mungkin.

Desain aerodinamika ini dibuat dengan membuat rangka yang pipih. Kemudian desain handle bar yang juga aerodinamis ( oleh karena itu disebut aero bar). Posisi pengendara juga dibuat sangat aerodinamis. Bahkan posisi saat berkendara seperti posisi tidur di atas sepeda.

Selain itu, rims / velg yang digunakan memiliki profil yang tinggi / lebar yang bertujuan untuk mengurangi hambatan angin. Pada kondisi tertentu sepeda ini menggunakan wheel dop pada roda belakang. Wheel dop adalah piringan besar yang dipasang pada roda untuk menutupi jari- jari atau ruji sehingga membuat roda menjadi aerodinamis.

Harga sepeda jenis ini relatif lebih mahal. Sepeda ini dibanderol mulai dari harga puluhan hingga ratusan juta rupiah. Ya tidak aneh sih mengingat ini sepeda khusus, pastinya membutuhkan riset yang lebih.

Yang perlu diketahui, jangan harap jika menaiki sepeda ini akan senyaman kita naik sepeda mini dengan keranjang di depan. Ya memang, karena sepeda ini memang ditujukan untuk kompetisi dan mengejar kecepatan. Oleh karena itu kenyamanan pengendara menjadi nomor prioritas nomor 2, yang terpenting adalah kecepatan. Berikut ini penampakannya.

Sepeda triathlon
Sepeda triathlon

baca juga : Daftar Harga Sepeda Balap Polygon

Sepeda balap / road bike track

Track bike atau sepeda track merupakan sepeda balap khusus. Sepeda ini selain sepedanya yang khusus, lintasannya pun juga khusus. Track bike ini digunakan pada lintasan balap memutar yang disebut dengan nama velodrome. Bentuk velodrome ini mirip dengan lintasan balap mobil nascar yaitu hanya memutar saja.

Jenis sepeda ini didesain dengan single gearing tanpa perangkat gigi / gear yang dapat dipindah kombinasinya. Jadi, pada seeda ini tidak ada mekanisme shifting, sprocket dan crank multispeed. Yang ada pada sepeda ini hanyalah hanya 1 crank dengan single chainring dan juga sprocket dengan single gear / cog.

Sepeda ini menggunakan gear fixed. Gear fixed adalah gear yang seperti dipasang pada becak yang jika digowes ke belakang akan mundur. Di kampung saya, fixed gear ini disebut dengan istilah doltrap, hehehe.

Sepeda jenis ini sempat booming bebera waktu yang lalu. Jika teman – teman tau sepeda fixie, itulah sepeda track yang dipakai di jalan raya. Berikut ini contoh penampakan sepeda track.

Jenis Sepeda balap track / track bike
Jenis Sepeda balap track / track bike

Itulah beberapa macam varian sepeda balap / road bike beserta fungsinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung ke gowespedia.com. Salam gowes dua pedal.

5 thoughts on “Inilah jenis- jenis sepeda balap / road bike dan fungsinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *