ukuran ban sepeda
kisspng.com

Mengenal Diameter Ukuran Ban Sepeda Yang Lazim Digunakan

Posted on

Mengenal Diameter Ukuran Ban Sepeda Yang Lazim Digunakan. Halo, salam jumpa lagi di gowespedia.com. Semoga sobat goweser sekalian senantiasa dalam keadaan sehat walafiat sehingga bisa tetap semangat bersepeda.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai salah satu komponen vital pada sepeda. Kali ini kita akan mengulas seputar ukuran ban sepeda. Yuk, langsung saja kita mulai pembahasannya.

ukuran ban sepeda
kisspng.com

Fungsi Ban Sepeda

Tentunya kita sudah tidak asing dengan fungsi ban sepeda. Ya, fungsi utama ban adalah sebagai peredam benturan roda dengan jalan. Oleh karena itu, ban dibuat dari bahan yang elastis dan dapat meredam benturan tersebut.

Jadi, bukan tanpa alasan jika sebagian besar ban dibuat dari bahan baku karet. Memang saat ini karet merupakan bahan yang ideal untuk pembuatan ban. Sifatnya yang lentur dapat meredam benturan dengan baik. Selain itu, karena diperoleh dari tumbuhan dan relatif mudah dibudidayakan, harga karet cukup ekonomis dan membuat harga ban relatif terjangkau.

Macam – macam Ukuran Ban Sepeda Yang Lazim Digunakan di Indonesia

Saat ini, ada berbagai jenis ban yang beredar di pasaran. Ban – ban tersebut dibuat dengan berbagai ukuran dan juga bentuk sesuai dengan kebutuhan. Nah berikut ini beberapa ukuran ban dan penggunaan pada sepeda.

Ban Sepeda Ukuran 29er / 29”

Ukuran ban sepeda ini saat artikel ini dibuat merupakan ukuran diameter terbesar yang dipergunakan sepda modern. Ban jenis ini memiliki diameter 29 inch. Jika dikonversi dalam satuan metric, kurang lebih 737 milimeter. Ukuran ini merupakan diameter luar ban ya, bukan diameter velg atau rims nya. Untuk ukuran diameter rimsnya sendiri adalah sebesar 24,5” atau 622 milimeter.

Jenis ban ini banyak dipakai pada sepeda offroad. Dengan menggunakan ban dengan diameter yang besar, maka benturan dengan jalan bisa lebih diredam. Akibatnya sepeda bisa lebih stabil saat melibas trek offroad yang berbatu atau berlubang.

baca juga : Yuk Kenali Jenis Sepeda MTB / Gunung

Ban Sepeda Ukuran 28”

Di Indonesia, ban ini cukup banyak digunakan. Namun, ban dengan ukuran ini belum lazim digunakan pada sepeda sport. Ban sepeda dengan ukuran 28 inchi ini biasanya digunakan pada sepeda kumbang / sepeda onta. Selain itu, becak dan juga gerobag juga sering dipasang dengan ban ukuran 28”.

Karena penggunaannya berbeda, maka ban ini diproduksi dalam 2 jenis. Yang pertama adalah yang diperuntukkan untuk sepeda biasa / bukan angkutan. Ada 3 warna yang tersedia yaitu hitam, kuning dan putih.

Sedangkan varian yang kedua dikhususkan untuk sepeda yang berfungsi untuk angkutan. Becak dan gerobag juga biasanya menggunakan varian kedua ini. Memang untuk ban yang didesain untuk angkutan barang ini lebih tebal dan keras. Bahkan jika dipasang pada sepeda biasa, seringkali pengendara tidak sadar jika sebenarnya ban sepedanya kempes karena kerasnya ban tersebut. Untuk memasangnya juga membutuhkan tenaga ekstra, hehehehe.

Ban Sepeda Ukuran 27”

Ukuran ini saat ini sudah mulai jarang dipergunakan. Pada zaman dahulu, ban dengan ukuran 27” ini banyak digunakan pada sepeda balap jalan raya.

Seiring dengan perkembangan zaman, ban dengan ukuran 27” mulai ditinggalkan oleh produsen sepeda road bike. Saat ini, kebanyakan sepeda balap menggunaakan ban dengan diameter lebih kecil dari 27”.

baca juga : Inilah jenis- jenis sepeda balap / road bike dan fungsinya

Ban Sepeda Ukuran 27,5”

Roadbike atau sepeda balap sekarang menggunakan diameter ban lebih kecil dibandingkan dulu, namun tidak dengan sepeda MTB. Saat ini sepeda – sepeda MTB mulai menggunakan ban – ban dengan diameter yang lebih besar dibandingkan dulu.

Dulu, sepeda gunung hampir dapat dipastikan menggunakan ban dengan ukuran 26 inchi. Namun saat ini, ukuran 26” mulai ditinggalkan. Rata – rata sepeda MTB keluaran baru telah menggunakan ban dengan ukuran setidaknya 27,5”.

Ban Sepeda Ukuran 26”

sepeda gunung
thrillbicycle.com

Seperti yang sudah disinggung di atas, ban sepeda dengan ukuran 26” lazim dipergunakan pada sepeda MTB. Saat ini, mungkin ban dengan ukuran ini merupakan ban terbanyak yang beredar di Indonesia. Tapi entah beberapa tahun kedepan, mungkin dominasi ini akan tergeser oleh ban ukuran 27,5” atau yang lainnya.

Selain MTB, ban ini juga dipakai oleh sepeda “jengki”. Sepeda ini merupakan sepeda yang populer sebelum munculnya sepeda – sepeda MTB dengan harga terjangkau.

Ban Sepeda Ukuran 24”

Ukuran ban sepeda ini banyak ditemui pada sepeda – sepeda yang berfungsi sebagai alat transportasi. Ban ini biasa dipasang pada sepeda keranjang. Selain itu, ada juga beberapa produsen yang mengeluarkan MTB dengan ban ukuran 24”. Sasarannya adalah pesepeda anak – anak yang masih terlalu ketinggian jika menggunakan sepeda ber roda 26” ke atas.

Ban Sepeda Ukuran 20”

Selanjutnya ada ban sepeda dengan ukuran 20”. Saat ini ban ini dapat dibilang cukup populer di Indonesia. Sebabnya adalah penggunaan ban ukuran 20 inchi yang meluas. Dulu, sepeda yang menggunakan ban ukuran 20” identik dengan sepeda anak – anak dan sepeda BMX.

Saat ini, ban sepeda unkuran ini tidak hanya digunakan pada sepeda anak dan MTB saja. Sepeda lipat juga banyak yang menggunakan ban ukuran ini. Oleh karena itu penggunaan ban ini juga ikut meningkat seiring dengan trend penggunaan sepeda lipat yang juga meningkat.

Ban Sepeda ukuran 16”

Bisa dibilang ban ukuran 16 inchi ini merupakan ban yang imut – imut. Bagaimana tidak, jika dalam ukuran metric, diameter ban ini tidak lebih dari 41 cm saja. Tidak lebih dari dua jengkal saya, hehehe.

Oleh karena itu, ban ini sering digunakan pada sepeda anak – anak. Selain itu, karena ukurannya yang kecil, ban 16” juga banyak digunakan pada sepeda lipat. Seperti kita ketahui, pada sepeda lipat, ukuran ban akan mempengaruhi ukuran sepeda pada saat posisi dilipat. Dengan menggunakan ukuran ban yang lebih kecil, maka sepeda akan lebih ringkas saat dilipat dan lebih gampang untuk dibawa – bawa.

Ukuran Ban Sepeda  700c

ukuran ban sepeda

Ukuran ban 700c merupakan ukuran ban sepeda yang lazim dipergunakan pada sepeda balap saat ini. ban ukuran 700c saat ini menggantikan ban ukuran 27” yang dulu merupakan ban yang sering dipakai pada sepeda balap.

Ban sepeda ukuran 700c memiliki diameter rims yang sama dengan ukuran 29ers / 29”. Diameternya adalah 622mm.

Selain sepeda balap, ban ini juga dipakai pada sepeda fixie atau fixed gear. Oleh karena itu tidak heran jika saat ini banyak terdapat ban ukuran 700c dengan warna yang beragam.

Ban Sepeda Ukuran 650c

Ukuran ini agak jarang ditemui di jalanan. Hal ini disebabkan karena pengguna ban dengan ukuran ini biasanya hanya sepeda tertentu.

Lazimnya, ban sepeda dengan ukuran 650c ini digunakan pada sepeda triatlhon dan juga time trial. Namun demikian ada juga sepeda triatlhon/ time trial yang menggunakan ban road bike standar saat ini yaitu 700c.

baca juga : Hobi Bersepeda? Inilah Aksesoris Bersepeda yang Wajib Dimiliki oleh Goweser

Nah itulah beberapa jenis ukuran ban sepeda yang lazim ditemui di Indonesia. Semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung ke gowespedia.com. Tetap sehat dengan bersepeda, salam gowes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *