bersepeda di rumah
Trainer sepeda model stand, merupakan sala satu alat untuk bersepeda dirumah yang juga dapat meningkatkan power kita (source : evancycles.com)

Inilah Cara Agar Tetap Bisa Bersepeda Di Rumah Saat #dirumahsaja

Posted on

Inilah Cara Agar Tetap Bisa Bersepeda Di Rumah Saat #dirumahsaja. Akhir-akhir ini, kita diwajibkan untuk melakukan phisycal distancing untuk menekan penyebaran virus penyebab COVID-19. Virus ini dapat dengan mudah dan cepat menyebar ke seluruh dunia hanya dalam waktu beberapa bulan saja. Tentunya kita harus menyukseskan gerakan tersebut untuk memutus penyebaran virus yang memiliki nama SARS-Cov2 atau Novel Corona Virus (nCOV).

Sebagai goweser tentunya hal tersebut sangat mempengaruhi kegiatan gowes kita. Kita untuk sementara tidak bisa gowes keluar rumah. Padahal bersepeda merupakan salah satu cara untuk dapat meningkatkan sistem imun tubuh kita. Sistem imun ini berguna untuk melawan aneka kuman yang menginfeksi kita, salah satunya adalah virus corona ini.

Namun jangan khawatir, kita masih dapat menyiasati agar kita tetap dapat bersepeda tanpa harus keluar rumah. Lah bagaimana caranya bersepeda di rumah ?. Berikut ini beberapa cara yang dapat kita lakukan agar tetap bisa bersepeda walaupun sedang #dirumahsaja.

baca juga : Hobi Bersepeda? Inilah Aksesoris Bersepeda yang Wajib Dimiliki oleh Goweser

  1. Bersepeda di rumah dengan bike trainer

Bike Trainer merupakan salah satu alat yang dapat kita manfaatkan untuk dapat bersepeda di rumah. Alat ini berbentuk seperti stand segitiga yang biasa kita gunakan untuk memarkirkan sepeda kita. Bedanya, pada bike trainer ini terdapat unit tambahan yang berfungsi untuk mensimulasikan beban saat ban kita bergesekan dengan jalan saat bersepeda.

bersepeda di rumah
Trainer sepeda model stand, merupakan sala satu alat untuk bersepeda dirumah yang juga dapat meningkatkan power kita (source : evancycles.com)

Cara penggunaan alat ini cukup gampang. Kita tinggal memasangkan sepeda kita ke alat ini seperti saat kita memarkirkan dengan stand segitiga. Kemudian kita atur perangkat bebannya agar menggesek permukaan ban (ada beberapa yang menggesek ke rims / velg). Setelah itu kita tinggal naik dan bersepeda seperti biasa. Simpel kan? Oh iya, alat ini juga efektif untuk meningkatkan power kita, jadi nanti ketika pandemic ini sudah berhasil diatasi dan sudah bisa sepedaan keluar lagi, kita akan merasakan peningkatan power yang cukup signifikan. Coba aja deh, wong atlet- atlet aja pakai ini untuk program peningkatan power mereka, hehehe.

Oh iya, tambahan, ada beberapa tipe trainer ini yang memiliki perangkat beban yang sekaligus menggantikan roda belakang. Jadi kita harus melepas roda belakang kita lalu kita pasang pada trainer. Sistem ini membuat kita dapat menghemat ban / rims kita karena tidak terkikis saat bergesekan dengan unit beban pada trainer. Namun sayangnya unit tipe ini relatif mahal (bagi saya TT).

trainer sepeda
Trainer high end dengan simulator roda dan juga simulasi balapan secara virtual(source : wahoofitness.com)
  1. Sepedaan dengan roller trainer

Berikutya, agar kita dapat tetap bersepeda di rumah, kita dapat menggunakan roller trainer. Sesuai dengan Namanya, alat ini memiliki 3 buah roller dalam frame logam yang dihubungkan dengan sebuah belt. 3 buah roller ini berfungsi untuk mensimulasikan jalanan saat kita bersepeda. Prinsip kerja alat ini mirip dengan treadmill , hanya kalau pada treadmill yang digunakan belt lebar sedangkan pada roller trainer ini menggunakan 3 buah tabug.

Cara penggunaannya sangat amat mudah, kita tinggal naikan sepeda kita pada roller. Pastikan posisi ban sudah pas pada roll / tabungnya. Roda depan diatas roll paling depan, dan roda belakang berada diantara roll ke-2 dan ke -3. Kemudian tinggal naik sepeda dan gowes deh.

roller trainer
Roller trainer cocok untuk anda yang ingin meningkatkan handling dan kelincahan saat bersepeda (source : tacx.com)

Alat ini selain berfungsi untuk mensimulasikan gerakan bersepeda, juga melatih keseimbangan kita. Jadi kita harus dapat menguasai kesemibangan sepeda kita saat kita gowes di atas roller trainer ini. Jadi bagi yang baru  menggunakan alat ini sebaiknya gunakan di dekat tembok agar kalau kita kehilangan keseimbangan, kita bisa pegangan pada tembok dan tidak terjun bebas, hehehe. Ya, Namanya juga latihan keseimbangan dan handling sepeda.

Namun bagi yang takut jatuh, ada versi alat ini yang dapat mengakomodasi keinginan anda. Ada roller trainer yang memiliki pemegang fork di depan. Jadi kita harus melepas roda depan untuk dipasangkan pada dudukan yang ada. Sedangkan roda belakang tetap berada diantara roll ke 2 dan ke 3. Gak perlu khawatir jatuh lagi deh, hehehe.

roller trainer
Roller trainer dengan stand depan yang membuat anda tidak jatuh saat bersepeda di atas roller (source : dcrainmaker.com)

baca juga : Tips Merakit Sepeda MTB Yang Murah Tapi Berkualitas

  1. Bersepeda di rumah dengan ergo trainer

Cara bersepeda di rumah berikutnya adalah dengan menggunakan alat ergo trainer. Alat ini sebenarnya merupakan sepeda statis. Namun yang membedakan adalah, pada ergo trainer didesain dengan menggunakan part dan ukuran sepeda asli. Jadi, pada ergo trainer ini kita akan merasakan sensasi bersepeda dengan sepeda beneran. Pengaturan berat kayuhan juga menggunakan shifter dan groupset sepeda.

Cara penggunaannya, kita tinggal naik aja dan gowes deh, hehehe.

ergo trainer
Ergo trainer merupakan sepeda statis yang desainnya dibuat semirip mungkin dengan sepeda aslinya (source : bukalapak.com)
  1. Menggunakan Sepeda Statis

Cara bersepeda di rumah yang terakhir adalah dengan menggunakan sepeda statis. Tentunya kita sudah tidak asing dengan alat ini. Sepeda statis hampir pasti ada di fitness center, jadi bagi anda yang hobi fitness pasti sudah tidak asing bahkan mungkin sudah sering menggunakan sepeda statis ini.

sepeda statis
Sepeda statis dapat menjadi alternatif untuk bersepeda di rumah, usahakan untuk menggunakan yang desainnya mirip dengan sepeda asli agar tidak lupa cara bersepeda 😀 (source : ireborn.co.id)

Ada beberapa jenis sepeda statis, ada yang desainnya tidak memiliki feel sepeda hingga yang memiliki bentuk dan geometri seperti sepeda beneran. Kalau memungkinkan, pilih sepeda statis yang memiliki konfigurasi/geometri seperti sepeda beneran. Tujuannya agar kita tidak lupa posisi bersepeda dengan sepeda beneran.

baca juga : Sepeda Lipat, Solusi Tepat Untuk Bike To Work

Nah, itulah beberapa alat yang bisa kita gunakan untuk menyalurkan hobi bersepeda kita pada saat kita tidak bisa keluar rumah. Jadi kita tetep bisa bersepeda di ruma agar sehat dan bugar walaupun kita harus #dirumahsaja.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Jaga kesehatan dan mari kita dukung pemerintah untuk menanggulangi penyebaran wabah COVID-19 yang disebabkan oleh virus novel Corona ini. Usahakan untuk tetap #dirumahsaja jika tidak ada hal urgent yang harus dilakukan. Semoga dengan kita ikut berperan dalam pencegahan penyebaran virus ini, wabah / pandemic ini segera berakhir.

Terima kasih telah berkunjung ke gowespedia, salam sehat salam gowes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *