sepeda kayu
materiabikes.com

Inilah Bahan Pembuat Frame Sepeda yang Sering Digunakan

Posted on

Inilah Bahan Pembuat Frame Sepeda yang Sering Digunakan. Frame atau rangka sepeda merupakan komponen yang sangat penting dalam sepeda. Tanpa adanya frame, tentunya komponen – komponen sepeda yang lain tidak dapat dirangkai menjadi satu kesatuan. Selain itu, frame juga seringkali menjadi faktor penentu kenyamanan dan performa sepeda saat dipakai.

Dulu, frame sepeda lazim dibuat dari bahan besi. Namun, saat ini seiring dengan pekembangan zaman, frame sepeda tidak hanya dibuat dari besi. Ada beberapa bahan yaang lazim digunakan untuk membuat frame sepeda. Nah, berikut ini gowespedia.com akan membahas mengenai bahan- bahan yang lazim digunakan untuk membuat frame sepeda.

Bahan – Bahan Pembuat Frame Sepeda

Hi Ten Steel / Besi

unitedbike.com

Seperti yang sudah disinggung di atas, besi merupakan bahan pembuat frame dari zaman dulu kala. Sifat besi yang kuat serta mudah dibentuk dan disatukan membuat besi dipilih menjadi bahan pembuatan frame sepeda.

Kelemahan dari frame berbahan besi antara lain bobotnya yang berat. Bobot yang berat seringkali menjadi kendala karena akan mengurangi kecepatan sepeda kita saat dikayuh. Selain itu, sifat besi yang mudah korosi juga membuat frame dari besi harus dibersihkan setiap saat. Terlebih lagi jika cat rangka sepeda sudah mengelupas, otomatis tidak ada pelindung dari oksidasi sehingga mudah timbul karat.

Namun demikian, saat ini Hi Ten Steel masih banyak ditemui sebagai bahan pembuat frame sepeda. Sepeda- sepeda sport kelas pemula, sepeda niaga atau angkutan banyak yang menggunakan material ini. hal ini disebabkan karena selain kuat, harganya juga relatif lebih terjangkau.

Chromoly

rangka sepeda
babahbikes.com

Material pembuat rangka sepeda yang lazim digunakan berikutnya adalah chromoly. Nama Chomoly ini diambil dari unsur penysunnya yaitu Chromium dan Molybdenum. Bahan ini banyak digunakan pada sepeda – sepeda dari jaman dulu hingga sekarang.

Saat ini, banyak pembuat frame sepeda custom menggunakan material Chromoly. Hal ini dikarekanan Chromoly memiliki kelenturan yang baik, lebih tahan karat dibandingkan besi serta mudah untuk dilas. Di Indonesia, ada Babah Bikes yang merupakan merk sepeda lokal dimana menggunakan bahan ini untuk membuat frame sepeda.

baca juga : Inilah Merek Sepeda Gunung Asli Indonesia yang Berkualitas

Aluminium Alloy

thrill cleave
thrillbicycle.com

Tentunya kita sudah tahu frame sepeda yaang dibuat dari bahan alumunium. Ya, memang saat ini sebagian besar sepeda, framenya dibuat dari bahan alumunium ini. Mulai dari kelas sepeda untuk pemula hingga sepeda untuk profesional, banyak yang menggunakan bahaan ini.

Keunggulan dari aluminium adalah bobotnya yang relatif ringan. Selain itu, kekuatannya juga sangat baik. Oleh karena itu, tidak heran jika sepeda – sepeda downhill yang membutuhkan frame yang kuat, banyak yang menggunakan aluminium sebagai bahan pembuat framenya.

Carbon Fiber

bahan frame sepeda
dolan-bikes.com

Frame sepeda dengan bahan carbon banyak ditemui pada sepeda – sepeda yang digunakan oleh para atlet profesional. Carbon fiber merupakan serat yang berukuran diameter antara 5 hingga 10 micrometer dimana penyusunnya didominasi oleh atom Carbon / Karbon. Pada industri sepeda, biasanya serat ini ditenun menjadi kain dimana kain carbon ini dapat mengeras dan memiliki kekuatan yang baik jika dilakukan treattmen khusus terhadapnya.

Bahan carbon fiber memiliki keunggulan dalam hal bobot dan kekuatan. Umumnya, frame sepeda yang dibuat dari bahan karbon memiliki bobot yang relatif ringan dan namun memiliki kekuatan yang baik.

Selain itu, pada peroses pembuatannya, frame sepeda carbon umumnya dilakukan dengan cetakan atau molding. Oleh karena itu, dalam produksi masal, frame sepeda carbon fiber dapat memiliki ukuran geometri yang identik.

Titanium

sepeda titanium
litespeed.com

Logam titanium memiliki sifat kuat, ringan, tahan panas, serta tahan korosi / karat. Oleh karena itu, logam ini juga sering digunakan dalam pembuatan frame sepeda. Ya, seperti kita ketahui bahwa frame sepeda yang baik haruslah kuat, serta ringan.

Frame sepeda titanium biasanya memiliki harga yang relatif mahal. Hal ini disebabkan karena untuk dapat menangani titanium, diperlukan keterampilan dan keahlian khusus. Titik lebur titanium yang cukup tinggi (1668 derajat celcius) membuat proses pengelasan logam ini membutuhkan peralatan dan keterampilan khusus. Oleh karena itu, tidak banyak produsen pembuat frame sepeda yang menggunakan titanium sebagai bahan baku.

Namun demikian, ada beberapa produsen frame sepeda yang mengkhususkan membuat produk rangka sepeda dari bahan titanium ini. Lynskey dan Litespeed adalah contoh produsen sepeda berbahan baku titanium.

Sepeda Kayu dan Bambu

sepeda kayu
materiabikes.com

Akhir – akhir ini ada beberapa orang yang berkreasi dengan membuat sepeda dari bahan kayu dan bambu. Mereka membuat konsep sepeda yang dibuat dengan bahan yang dapat didaur ulang. Selain itu, bahan kayu dan bambu juga membuat tampilan sepeda menjadi lebih artistik.

Walaupun sudah ada produsen sepeda yang membuat sepeda kayu secara masal, nampaknya bahan kayu dan bambu ini belum atau mungkin tidak akan merambah ke sepeda untuk kompetisi. Mungkin pertimbangan bobotnya yang tentunya juga relatif berat. Selain itu produksinya juga tentunya terbatas dan memakan waktu yang lebih lama, padahal seringkali dalam perlombaan kita membutuhkan beberapa sepeda sebagai backup yang harus dapat segera diperbaiki/dibuat ulang jika mengalami kerusakan.

baca juga : Tips Merakit Sepeda MTB Yang Murah Tapi Berkualitas

Nah, itulah beberapa bahan pembuat frame seppeda yang sering digunakan pada industri sepeda. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung ke gowespedia.com. Tetap sehat dengan berolahraga, salam gowes.

2 thoughts on “Inilah Bahan Pembuat Frame Sepeda yang Sering Digunakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *